My Thoughts On..

L'endroit j'├ętablis mon esprit -The Place I Lay Down My Mind-




Qurban


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Berkurban dalam pandangan Islam adalah perbuatan yang sangat dianjurkan. Kurban termasuk sunnah muakkadah. Artinya bukan sekedar sunnah (sebaiknya dilakukan) namun sangat baik dilakukan. Imam Nawawi mengatakan, berkurban lebih afdhol dari sekedar sunnah (Al Majmu', VIII hal. 341)

Kurban adalah hewan (berupa unta, sapi, atau kambing) yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq, dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ayat Al Qur'an di bawah ini menjadi dasar syariat penyembelihan hewan kurban.

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah." (Al Kautsar 1-2)

Ibnu Jarir mengartikan ayat tersebut sebagai berikut : "Jadikanlah shalatmu ikhlas hanya untuk Allah semata dengan sama sekali tidak mengharapkan kepada selain daripada-Nya. Demikian juga kurban yang kamu tunaikan, niatkanlah hanya untuk Allah, tidak untuk berhala-berhala, sebagai realisasi syukur atas apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu yang tak terhingga banyaknya."

Nah, untuk berkurban sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, umumnya adalah ke masjid terdekat atau ke tempat penjual hewan kurban. Salah satu alternatif adalah dengan mengikuti program THQ (Tebar Hewan Qurban). Adik saya sendiri telah mengikuti program ini dari beberapa tahun lalu, dan bahkan sudah pernah saya tulis di postingan ini.

Selain itu, khususnya untuk tahun ini, harga yang ditawarkan oleh THQ tersebut sangatlah bersaing.. Seperti yang dapat dilihat di beberapa website seperti okezone, kompas, dan lain-lain. Harga kambing ukuran standar saat ini berkisar antara 900K - 1 juta rupiah. Sedangkan di THQ harganya hanya 770K rupiah. Keadaan yang sama terjadi dengan harga sapi. Mungkin salah satu penyebabnya adalah THQ memberdayakan peternak-peternak lokal yang dekat dengan tempat tujuan penyaluran kurban, sehingga biaya distribusi bisa ditekan.

Nah, kalo punya kelebihan rizki, yuk kita berkurban.. :)

Labels: ,


5 Responses to “Qurban”

  1. OpenID vidyanitakumalasari 

    gw skali2 pengen qurban unta..tau tempat jual unta ga?? :D

  2. Blogger rabindra 

    di timur tengah sana banyak.. :)

  3. OpenID vidyanitakumalasari 

    sblah mananya timor timur??

  4. Blogger rabindra 

    di sebelah kirinya.. hahahaha...
    btw, pas itu liat di wisata kuliner. ada restoran AlJazeera yang jual makanan daging onta.. hehe..

  5. Anonymous bety 

    yah..
    tapi jujur..
    sampe sekarang ogut belum pernah berqurban..

Leave a Reply??


About me

Categories

Previous posts

Archives

Links


ATOM 0.3

Powered by Blogger

make money online blogger templates



My Thoughts On.. is powered by Blogspot and Gecko & Fly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.