Wednesday, December 03, 2008

Qurban

Berkurban dalam pandangan Islam adalah perbuatan yang sangat dianjurkan. Kurban termasuk sunnah muakkadah. Artinya bukan sekedar sunnah (sebaiknya dilakukan) namun sangat baik dilakukan. Imam Nawawi mengatakan, berkurban lebih afdhol dari sekedar sunnah (Al Majmu', VIII hal. 341)

Kurban adalah hewan (berupa unta, sapi, atau kambing) yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq, dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ayat Al Qur'an di bawah ini menjadi dasar syariat penyembelihan hewan kurban.

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berkurbanlah." (Al Kautsar 1-2)

Ibnu Jarir mengartikan ayat tersebut sebagai berikut : "Jadikanlah shalatmu ikhlas hanya untuk Allah semata dengan sama sekali tidak mengharapkan kepada selain daripada-Nya. Demikian juga kurban yang kamu tunaikan, niatkanlah hanya untuk Allah, tidak untuk berhala-berhala, sebagai realisasi syukur atas apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu yang tak terhingga banyaknya."

Nah, untuk berkurban sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, umumnya adalah ke masjid terdekat atau ke tempat penjual hewan kurban. Salah satu alternatif adalah dengan mengikuti program THQ (Tebar Hewan Qurban). Adik saya sendiri telah mengikuti program ini dari beberapa tahun lalu, dan bahkan sudah pernah saya tulis di postingan ini.

Selain itu, khususnya untuk tahun ini, harga yang ditawarkan oleh THQ tersebut sangatlah bersaing.. Seperti yang dapat dilihat di beberapa website seperti okezone, kompas, dan lain-lain. Harga kambing ukuran standar saat ini berkisar antara 900K - 1 juta rupiah. Sedangkan di THQ harganya hanya 770K rupiah. Keadaan yang sama terjadi dengan harga sapi. Mungkin salah satu penyebabnya adalah THQ memberdayakan peternak-peternak lokal yang dekat dengan tempat tujuan penyaluran kurban, sehingga biaya distribusi bisa ditekan.

Nah, kalo punya kelebihan rizki, yuk kita berkurban.. :)

5 comments:

Anonymous said...

gw skali2 pengen qurban unta..tau tempat jual unta ga?? :D

rabindra said...

di timur tengah sana banyak.. :)

Anonymous said...

sblah mananya timor timur??

rabindra said...

di sebelah kirinya.. hahahaha...
btw, pas itu liat di wisata kuliner. ada restoran AlJazeera yang jual makanan daging onta.. hehe..

bety said...

yah..
tapi jujur..
sampe sekarang ogut belum pernah berqurban..

About me

  • M.Rabindra Surya aka Arya aka Rabz
  • Male
  • CSUI
  • Twenty
  • Maaf kalo ada postingan dengan bahasa Inggris kacaubalau. Lagi belajar ^^"