My Thoughts On..

L'endroit j'établis mon esprit -The Place I Lay Down My Mind-




Kurban


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Pada suatu pagi ngeliat acara tafsir al-mishbah di metro tv, dengan narasumber Quraish Shihab. Hari itu lagi ngebahas tentang kurban. Makna dari kurban sendiri adalah mendekatkan diri kpd Allah. Cara dari kurban adalah menyembelih hewan tertentu pd hari idul Adha, yg dilakukan untuk mndekatkan diri kpd Allah. Hmm, pastinya udah pada tau khan? liat lengkapnya di sini aja..

Hukum dari berkurban yaitu sunnah mu’akkad yang kifayah. Jadi, ga perlu dalam satu rumah itu ngasih kurban semua, 1 aja jg gpp. dan yang paling penting, berkurban itu jangan dipaksakan, krn menurut bbrp mazhab, sekali seumur hidup jg udah cukup. Tapi, jgn jg dipatok kl udah sekali berkurban, ga berkurban lagi lho..

Nah, Jakarta itu tentunya merupakan kota yang mengeluarkan hewan kurban terbesar di Indonesia. Iyalah, sekitar 80% aliran uang di Indonesia khan adanya di Jakarta. Nah, pastinya orang2 jg banyak yg berkurban di masjid2 yg ada di Jakarta khan? pada suatu masjid saja bisa ada puluhan ekor kambing dan sapi2. Seperti yang kita tahu, di Jakarta itu banyak masjid2 yang letaknya berdekatan sehingga yang disalurin daging kurban itu mungkin orangnya itu2 aja. Bahkan ada mesjid yg kebingungan utk nyari orang yg mau disalurkan hewan kurban, krn di daerah sekitar masjid itu udah semua mendapat jatah.

Sebenernya bisa aja sih kl petugasnya mau untuk nyalurin ke yg daerahnya jauh, tp blm tentu jg orang di daerah jauh itu blm dapet. Dan lagi, kl di jakarta ini, sebenernya asal mau, psti bsa dapet daging kurban, krn menurut saya pasti ada masjid yg punya kelebihan daging utk disalurkan.

Di masa2 sekarang, beras khan lagi mahal tuh. Knapa ga coba duitnya dipake utk nyumbang beras aja KALO misalnya memang dirasa di lingkungan sekitar udah cukup banyak yg nyumbang hewan kurban. Karena kl daging khan ga tahan lama tuh, kalo yg dikasih ga punya kulkas, sehari jg udah ga bs dimakan lg, jdnya malah mubazir. Dengan harga yg sama dengan daging itu, bs didapet berkilo2 beras yg pastinya tahan lama dan lebih bermanfaat.

Alternatif lainnya adalah daging2 hewan yg disembelih diubah ke dalam btk yg lebih tahan lama, spt kornet atau dikalengkan. Seperti yg dilakukan di Arab Saudi. Kl begitu, khan dagingnya tahan lama dan bisa digunakan tidak hanya dalam beberapa hari saja.

Bukan bermaksud untuk promosi, tapi menurut gw program Tebar Hewan Kurban merupakan program yg sangat bagus. Jadi kita pesan hewan kurban, dan nanti hewan kurban tsb akan disalurkan di tempat2 pelosok2 di seluruh tanah air (bener2 pelosok lho). Yang buat gw amazed, program ini sangat2 profesional. Mulai dari hubungan dengan peternak, cara pendistribusian, dan tentunya bagaimana dia meyakinkan si penyumbang bahwa hewan sumbangannya diolah dan disalurkan dengan benar.

Secara rutin, si penyumbang selalu dikirimkan newsletter. Bahkan ketika si penyumbang tak menyumbang lg di tahun selanjutnya, newsletter tetap dikirimkan. Kl dia menyumbang, dia akan dikirimkan foto dari hewan sembelihan plus surat yg ditulis tangan oleh perwakilan masyarakat yg mendapat hewan itu.

Hewan tsb bener2 disalurkan ke pelosok2, yg dimana mungkin makan daging kurban jadi angan2 aja. Melihat newsletter, seringkl diliat kalo utk nyalurin ke pelosok, usaha yg dilakukan tidaklah ringan, sperti menyeberangkan sapi via kapal kecil, terus nyebrangin sungai, dsb. Salut banget gw.

Nah, tapi jgn nyumbang di THK aja lho.. khan yg harus diperhatiin pertama2 adalah masyarakat sekitar yg deket. Jangan sampe nyumbang di THK, tp lingkungan sekitar ga dapet. tapi kl misalnya di lingkungan sekitar udah dirasa cukup, THK patut dicoba. Salut banget akan profesionalitasnya.

Labels: ,




About me

Categories

Previous posts

Archives

Links


ATOM 0.3

Powered by Blogger

make money online blogger templates



My Thoughts On.. is powered by Blogspot and Gecko & Fly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.