Friday, December 21, 2007

Travelers' Tale

Hehe.. akhirnya saya baca juga deh novel ini, setelah sekian lama tertunda2 mlulu (sambil ngelirik setumpuk bacaan lain yang juga ga sempet dibaca).. Yang ngarang adalah Adhitya M dan istri serta teman2Nya. Adhitya ini yang ngarang novel Jomblo, yang sudah pernah dibuat versi layar lebar maupun layar kecilnya (maksudnya tipi)..

Berhubung novel lama dan pastinya udah banyak yang ngeripyuw, jadi saya ga ikutan ngeripyuw ah.. Cuma pengen ngomentarin ajah.. hoho..

Dari segi cerita, menurut gw lumayan seru.. Apalagi dengan 4 orang yang nulis, jadi kerasa aja beda tulisan antara satu sama lain. Walau keliatan banget gaya tulisannya si Adhit beda dan heboh ndiri (dengan tokoh si Ucup), emang lebih seru kalo ada 4 orang dgn gaya penulisan berbeda.. at least ga monoton lah..

Tapi honestly, walau buku itu mengambil setting di banyak tempat (mulai dari vietnam, kenya, jordania, amerika, dan mostly negara2 eropa), tapi gw merasa deskripsi dan narasi akan detil setting nya kurang. Atau mungkin karena dapet jatah space nulisnya dikit, jadi disingkat2 gitu. atau emang supaya disesuaikan dengan jalan cerita kali ya? Seperti "museum ini adalah simbol kota X, belum ke kota X jika tidak mengunjungi museum ini." terus tiba2 ganti setting.. ga tau ya, tapi gw pribadi merasa terlalu singkat aja..

Hal yang paling bisa diambil dari novel ini tentunya tips2 traveling yang bertebaran di sepanjang buku. Well done.... :)..

Overall, bagus untuk dibaca ko.. ^^

Setelah gw pikir2 tentang alasan kenapa perjalanan di travelers' tale menurut gw kurang greget, mungkin karena kisah2 yang pernah diceritakan seorang bude gw, yang sering gw namakan bude apoteker atau bahkan bude pendongeng jauh lebih greget.. hehe..


Aunt Traveler

Now, the story about her begin..

Bude ini berinisial SS (gw ga mau nyebutin nama orang di blog ah..), beliau merupakan lulusan farmasi ITB tahun... hmm, tahun brp yah? pokoknya udah lama (ya iya lah...), seangkatan sama dosen2 senior di kampus brarti..

Banyaak banget yang bisa diceritakan dari bude yang satu ini, tentang how extraordinary she is.. Tapi kali ini gw cuma mo ceritain tentang kepiawaiannya berkisah.. such a great storyteller.. kehandalannya bercerita ditunjang dengan pengalamannya yang sudah banyak berkelana ke negeri orang.. mostly in europe and america..

dari kecil, gw udah sering diceritain oleh beliau, mulai dari dongeng2 aneh dari tatar sunda (yes, she's a half sundanese) sampe kisah2 beliau di eropa dan amerika.. jadi di satu saat dia akan mengajari gw lagu cingcangkeling dan jaleuleuja, di hari lain gw diajarin lagu baa baa black sheep.. hoho.. now i just realized that it's pretty cool.

dulunya, beliau bekerja di berbagai multinational company eropa yang bergerak di bidang farmasi, spt merck, sandoz, dsb. nah, berhubung kantor pusat dari perusahaan2 tersebut ada di eropa, beliau cukup sering pergi ke sana. Dan krn beliau hobi traveling, kalo lagi libur biasanya jalan2 ke negara2 sekitar..

nah, beliau pinter banget nyeritain kisah2 dia selama di luar negeri.. selain cerita objek wisata dan special event, juga cerita tentang orang2 yg beliau temui.. uniknya, ada aja hal2 istimewa yang beliau alami. Dan yang gw suka, ceritanya itu ga seheboh ceritanya adhitya m (yg menurut gw, dia menceritakan kejadian aneh yang menimpa tokoh yang emang aneh. terlalu heboh untuk ukuran orang normal :p). Bagaimana beliau tiba2 dapat kamar ekstra di hotel di UK, terus nyasar ke suatu acara sekolah di Jerman tp disambut hangat, atau hampir kena badai salju di US. Dan misalnya di Indonesia, beliau terjebak di daerah terpencil di Rancabuaya di Jawa Barat krn terjebak sungai periodik yang tiba2 ada krn abis turun hujan. sampe2 keluarga besar kalang kabut, dan kontak2 polres, SAR, n wanadri.. untung cepet ditemukan.. Dan banyak cerita2 lain yg menurut gw seru banget.

Extraordinary stories from extraordinary person. Duh, sayangnya gw ga pinter cerita. Ada juga kalo gw menulis cerita yang dikisahkan beliau di blog ini, nanti pada muntah2 lagi.. hehe..

Walau punya banyak pengalaman, but she's really really humble.. kalo ketemu di angkot, pasti bakalan ga nyangka akan pengalaman beliau. gw aja kadang2 suka ga percaya :p, dan baru percaya kalo beliau udah mulai berbicara, heheh.. trus kalo ngomong2, akses sundanya masih cukup kental.. misalnya aja, "waktu bude di swiss, orang2 di sana mah meunih baik2 pisan".. heheh..

Masih banyak sih yang bisa diceritain dari bude ini, spt bgmn perjuangannya melawan kanker tingkat lanjut, bagaimana perjuangannya mendidik anak satu2nya yg tuna rungu sampai anaknya bs mandiri and punya banyak kemampuan... tapi, gw udah cape nulis ni..

met liburan yah!!!

1 comment:

Anonymous said...

Gosh, i really like this book. It's like my faavorite book in year 2007.

Lucu banget kisah Ucup n Farah! Beleguk abis..ahaha. Sweet love square-angle.

Baidewei, minta tulung posting di blog lo yap yang JJS angkatan..gatau knapa blog gue 403 gitu pesannya, hehe.

Blog Archive

About me

  • M.Rabindra Surya aka Arya aka Rabz
  • Male
  • CSUI
  • Twenty
  • Maaf kalo ada postingan dengan bahasa Inggris kacaubalau. Lagi belajar ^^"