Thursday, November 09, 2006

Lebarans Holiday

Lempar gelas jadi beling, walau ga jelas tetep diposting.. hehe..

Emang sih udah basi, expired, kadaluwarsa, membusuk, dan kawan-kawannya seperjuangan.. Tapi saya mau posting ttg liburan lebaran kemarin. Lagipula saya buatnya udah sejak lama..

Hmm, sepertinya postingnya kepanjangan nih, meskipun yang diceritain mah itu2 aja, huehehe.. biarlah..

Here's the story..

Liburan kali ini, ada dua alternatif utk gw:
1. Ke Bandung. Ini dengan keluarga dr bunda.
2. Offroading to Lampung. Ini dengan keluarga dr ayah.

Hadu2, bingung gw. Pas lagi liburan n ga ada kegiatan, kok ga ada yg ngajakin jalan2. Pas libur nanggung gini, rebutan ngajakin jalan2. Haduuu.. Tapi syukurlah masih ada yang ngajakin jalan2.

Soo, pilihan gw jatuh ke pilihan pertama. Alasannya, krn pastinya lbh nyaman, dan ada kemungkinan (kl 0,0001% cukup signifikan utk disebut kemungkinan) utk bisa ngerjain tugas.. Terus ya, brhbung ayah udah ga ada, pastilah lbh cenderung ikut dengan keluarga bunda.

Utk yg offroading, katanya sih ya, Desember akhir ada lagi. Ke Jogja. Haduh2, mudah2an UAS udah selesai dan ga ada yang mesti diurusin. Amiiin.. *gw kl tentang liburan semangat banget yak?*


Kamis, 26 Okt 06. Berangkat dari rumah jam 6 kurang, terus jemput mertuanya bude dokter di jln fatmawati. Setelah itu langsung menuju ke tempat ketemuan, yaitu di rest area tol Cikampek, yang ada Starbucks nya itu. *that doesn't mean that we met at starbucks*

ternyata ada bude seniman dan keluarga (2 mobil) yg datengnya kecepetan, krn sudah nunggu kelamaan, then mereka berangkat ke bandung duluan.

Jadilah ketemuan di rest area itu sama bude dokter. Nah, di situ sempet foto2 dulu ^^.. tapi berhubung udah telat, jadilah langsung berangkat mnuju ke bandung. alhamdulillah, perjalanan lancar walafiat tanpa ada halangan yang berarti.

Tadinya sih ya, niatnya mo ke hotel utk checkin or ke rumah makan untuk breakfast, tp berhubung bude seniman ud duluan. jadi rencana aga berubah. Soo, kami langsung menuju ke rumah bude guru. eh, ternyata bude seniman blm dateng, beliau ke rumah kakaknya dulu. Okay, nungguin beliau untuk pergi breakfast. Tapi, beliau ditungguin ga dateng2, krn kesasar-sasar.. Berhubung laper, jadilah makan dulu di rumah. Makan makanan sisa2 lebaran kmaren: opor, telor petis, dlsb.

Dan ternyata, bude seniman langsung pergi ke rumah makan tersebut. jadilah kami yg di rumah bude guru langsung bertolak ke rumah makan itu jg. Rumah makan yang dituju adalah Rumah Makan Ma' Uneh yang terletak di jalan Setiabudhi, Bandung. Tepat di depan Sekolah Tinggi Ilmu Perhotelan Bandung (enhaii). RM Ma' Uneh ada jg yang terletak di jalan pajajaran, cm berhubung lagi idul fitri, jadi ga buka..

Review Makanan:
Menurut saya, makanannya biasa aja, malah cenderung ga enak. Lebih ga enak dibandingin rumah makan sunda lain-lainnya. Walau begitu, anehnya kok saya tambah2 mulu ya, padahal selain rasanya ga enak, gw udah makan banyak di rumah bude guru tadi. Saking banyak nambah, sampe eneg banget rasanya. Untunglah ga sampe muntah. Kalo muntah kan berabe.

Dari Ma Uneh, kembali ke rumah bude guru. Kali ini yg nyetir itu bude dokter, biasanya pade dokter. Sebenernya sih rada2 serem disupirin keduanya. Kalo pade dokter, berhubung uda lama ga nyetir, jadi rada ga enak disetirin beliau. Kalo bude dokter, lebih mending sih, tp bahayanya beliau itu pengantuk berat. Gw jg ga mo nyetirin krn gw ga suka nyetir kendaraan gede. Walau gw mau, beliau ga mau disetirin. Serem kali ya disetirin gw..

Yups, dan dugaan gw ternyata benar. Beliau mengantuk di jalan. Gejala awalnya adalah beliau mencubit2 tangannya supaya ga ngantuk. Terus beliau cari-cari minuman dan makanan spy ga ngantuk. dan the ultimate solver adalah: pakai salep di bawah mata. huhuhu..

Syukurlah sampai dengan selamat di rumah bude guru. Di situ istirahat sambil ngobrol2. dan tentunya: makan2 lagi, hehe.. cuma makan soto sulung (salah satu soto khas jatim) sih, plus makan es krim, tambah kue2 "dikit". hehe.. oya, ada yg namanya kue 8 jam, kayak lapis legit gt, cm lebih gimanaaa gt. rencananya ya, makan di 'ma uneh' itu buat breakfast, n makan siang di rumah bude guru. tapi karena perubahan jadwal, jadi makan di rumah bude guru itu cuma sebagai 'cemilan' aja.

siang itu ujan gede banget. alhamdulillah. seneng ngeliat ujan gede lagi setelah hari2 yang teramat sangat terik dan panas. setelah ujan reda, bude seniman balik ke jakarta duluan karena ada janji. bunda, bude dokter, dan kaka2 sepupu ke penginapan dulu. gw, adek gw, dan mba upit mo cari kado dulu utk temennya si adek.

pas mau berangkat, ternyata ada bude peragawati dateng beserta suami dan anaknya. Jadilah keberangkatan ke toko pakaian ditunda. Bude peragawati dateng sama anaknya yg kedua n ketiga. anaknya yg pertama nyusul coz dia naik motor dr jkt-bandung. Okay, anaknya yg kedua khan cowo', n dia bawa pacar yang berinisial J. Pas pertama ngeliat, gw rada kaget n sdikit shock, terutama pas ngeliat rambutnya yang pirang. Seinget gw, gw ga punya spupu kayak gt deh, hehe.. Kesan ttg pacarnya dia: BONEKA banget nget nget. Cantik sih, cuma dandanese banget. Entahlah kalo ga pake make up. Tp dia putih banget, seputih sophie ellis bextor kali y. Terus rambutnya itu lho.. ckckck.. Oooh, ternyata dia itu model l'oreal Indonesia, pantes..

Si bude model cerita ttg pacar anaknya itu. Katanya sih, si bude masih suka pangling ngeliat si J itu walau udah sering ketemu. Gimana ga pangling tho. Gw yakin kalo dia jalan, pasti pada ngeliatin. Ga usah deh jalan di jalan umum, dia jalan di mol pastilah diliatin, wong rambutnya amat sangat mencolok gitu. Terus ya, J itu cerita kl dia sendiri jg masih suka kaget kalo ngeliat warna rambutnya di kaca, wahahaha..

Abis itu tidur sebentar. Bangun2, langsung chao nemenin adek cari baju. ke FO bernama Cargo yang terletak entah di jalan apa.. adek nyari sweater. Hmm, gw jg ikut liat2. waaa, jaket n sweaternya sesuai selera gw. pengen juga sih beli, tapi tunggu.. gw itu paling males pake yang namanya jaket ataw sweater. udah tau tinggal di jakarta kuliah di depok, pulang pergi naik angkot pula. trus pake sweater? hohoho.. gw bunuh diri kali ye.. eh, tunggu tunggu.. bisa juga tuh sweater dijadikan sarana untuk menguruskan badan.. well, akan dipertimbangkan :P

untunglah si adek ga lama2 blanjanya. pengen sih ikut blanja, cm lg ga mood. abis dari situ, si adek maunya sih ke Disney Festival Lantern yang sekarang lagi di Bandung. [Klik di sini jika mau tahu tentang Disney Festival Lantern]. Tapi, ternyata udah ditunggu di penginapan. Well, next destination: penginapan.

sampe sana, dikasitau kalo dapet voucher untuk dinner. yes, karena berarti bisa hemat (walau bukan gw yang bayar sih). Oh no, karena ga jadi makan di luar. niatnya tadinya mo ke cafe teras. tempat ini jadi salah satu favorit keluarga sejak bbrpa bulan lalu. yaa, sudahlah.

dapet voucher makan malam karena msih dalam masa2 lebaran. makanannya? hmm, lumayanlah.. ada yang enak banget, yaitu kue krim coklatnya. uenaak tenan.

jam 21.25 entah knapa udah pada tidur. sodara gw yang hobi ngalong juga udah tidur. hadu2, knapa ini? gw? padahal lagi pusing, tapi membuka laptop. okay, saat itu saya berpikir dalam hati, "hadu2, anum saya bagaimana ini?? hiks.. di garut rasanya ngga mungkin deh ngerjain anum.. ya ampun, ga cocok banget sama suasananya.. okay, saya akan coba baca2 dulu hari ini. dan saya berjanji selama di garut tidak akan memikirkan anum. dan kalo bisa sih tidak nyalain laptop juga. Amiiiin...".. dan kenyataannya, saya malah nulis blog. sebagian cerita di blog ini udah dicicil dr kamis lalu. nyoba juga akses wireless.. ada 2 koneksi: horeee.. ga bisa konek: huhuhu, yah, emang sewajarnya sih..

cuma bertahan setengah jam. jam 22 udah tepar di tempat tidur.

bangun pagi dan solat subuh berjamaah. terus bude dokter n bunda cerita kalo semalem ada kejadian aneh. sekitar jam setengah 12 malem, pintu kamar mereka diketok2 dan dibel2 tanpa henti. tapi pas diliat via lubang pengintip *gw ga tau istilahnya apa*, kok ga ada orangnya. pas dibacain bacaan ta'awudz, bunyi2 tersebut berenti.. hiiii, serem juga ya. di penginapan seperti itu bisa jg ada kejadian kayak gt ya? yah, kl kayak gitu mah ga pandang tempat kali ya..

breakfast, menunya biasa aja: nasgor, migor, omlet, dlsb. oya, ada satu yang aneh, yaitu bakmi kangkung. rasanya? yaiks.. kayak mie rebus dengan bumbu pindakas (selai kacang).. aneh beut..

check-out, dan jemput bude guru, suaminya, dan mba upit. kami mo pergi ke Kampung Sampireun, Garut.. =D

Berhubung itu hari Jumat, jadi siang-siang solat dulu di Masjid Al-Iqro. Hadu2, khotbah nya pake bahasa sunda.. ga ngerti gw..

Alhamdulillah jalanan lancar, mulai dari cileunyi highpass, nagreg, til garut lancar semua.. dan syukurlah sama sekali ga ada acara kesasar-sasar, thanx to papan2 petunjuk.. Sesampainya di sana, rada kaget jg karena namanya ga ada di list di front office. Ga lucu khan kalo sia-sia aja ke situ. Syukurlah pas ke resepsionis, nama kami terdaftar.. ^_^

Pas baru masuk dan ngeliat sekilas tempatnya, gw girang bukan kepalang. Gw udah ngajak2in dari bertaun-taun lalu untuk ke tempat itu. Tapi, fully booked mulu. Pas lagi ada tempat kosong, giliran sodara2 yang lagi sibuk bukan kepalang. Dan taun ini, berhasil ke tempat itu.. =D..

Tau tempat itu dari TV. Biasalah, korban TV. Liat video klip2 (mis:Chrisye) or ada acara special apa, syutingnya di Kampung Sampireun itu. Terus suka ada review dari koran n majalah jg. Pokoknya penasaran banget. Penasaran kesumat itu terbalaskan sudah. And even it's exceed my expectation..

Di Kampung Sampireun itu objek utamanya adalah sebuah danau buatan yg bernama danau sampireun. Kamar2nya itu berupa pondok2an yang sebagian besar berada di tepi danau. Mungkin tadinya di tepi danau smua, yg ngga di tepi danau spertinya tambahan2. Di tiap kamar, ada beranda yang berada di atas air (ngerti khan maksudnya?), terus ada dermaga mini tempat menambatkan kapal. dari beranda tersebut, bisa dengan bebas memberikan makan brbagai ikan gede2 yg banyak banget.. huhu, kl boleh ditangkep, udah gue ambil kali. ikannya maruk2 beut.

Dapet welcome drink berupa bajigur, itu tuh minuman hangat yang terbuat dari kelapa. setelah bagi2 kamar, kami taro2 barang ke kamar masing2.

Abis taro2 barang, karena tiap kamar dapet jatah 1 perahu, langsung beraksi mendayung-dayung ria di danau tersebut. Sebenernya rada males sih karena panas, tapi penasaran ini tak tertahankan :P.. dengan kemampuan minim dan semangat maxim, mendayunglah gw, adek, dan mb upit. okay, we're so horrible that time. udah dayung ga maju2, pas maju malah muter2 ga keruan. sempet nabrak juga rakit besar yang lagi banyak penumpangnya.. terus penumpangnya yg kebanyakan ibu2 pada kaget gt, hehe.. maap yak.. sempet jg kesiram2 air mancur gara2 salah arah. sempet nabrak macam2. pas mo merapat pun setengah mati. ga bisa2.. hehehe.. ah, tapi sumpah, percobaan pertama itu emang yang paling seru..

pesen makan siang. pesen masakan lokal aja, yaitu nasi liwet w/ tempe tahu sambal jambal. makanannya dianterinnya pake perahu euy, ckckck. makanannya sedap. top top. apalagi makan sambil berbagi dengan ikan2 itu. ikannya gede2 banget..

abis makan, naik perahu lagi. kali ini jauh lebih lancar dibanding percobaan pertama, walaupun untuk merapat masih ngos-ngosan, hehe. istirahat sambil main congklak aka dakon, atau untuk generasi modern yg lebih familiar sama game di HP, permainan ini namanya Bantumi.
gw dibantai sama sepupu gw T__T.

sekitar jam setengah 5, di tengah danau ada hiburan berupa calung. dimainkan beberapa lagu dengan menggunakan calung, most of them are sundanese songs, walau ada jg lagu2 populer seperti goyang dombret..

Istirahat, istirahat.. Mandi dan segala macem. kamar mandinya? wow.. gede beut.. Bathtub nya gede bgt yg ujung2nya ga dipake. Wong isi airnya aja lama banget. Ada bagian kamar mandi itu yang tidak beratap, cuma dibatasi pake kawat2 aja, jadi bisa liat pohon2an yg ada di luar. kalo pas ada angin, brrrr, dingin banget. khan anginnya langsung masuk via atap. mana air panasnya sempet ga kluar lagi. Masih untung itu bukan musim dingin. Gpp sih, kamar mandinya keren sih..

Pemandangan kampung sampireun di malam hari begitu mengesankan. dengan nyala dari obor2 dan beberapa lampu yang temaram, rasanya begitu indah. banget. sayang, sulit difoto dengan kamera digital. biasa lah, untuk night mode, kameranya menuntut untuk menggunakan tripod, padahal gw pan ga punya.

Makan malam udah rada telat. Makan malamnya itu di taman yang terletak di belakang resto nya. Kayak makan di taman gitu, bisa di saung or di meja2 yg ada di atas rumput. terus dihiasi dengan obor2 dan lampu2 taman yang indaaaaaah buanget. keren, keren banget nget. Gw terkesima pas ngeliatnya. makanan yg disajikan sih biasa aja, spt kambing guling, sop, dsb. tapi suasananya itu lho, excellent..

Abis makan malam, kumpul2 dulu di kamar yg di tepi danau, nungguin makanan jatah :P.. dan, sekitar jam 9an, ada perahu yang ngiderin danau untuk bagi2in snack malem ke setiap kamar. snack malem itu berupa sekoteng, plus ubi cilembu n ubi goreng jatah snack sore kami yang lupa kami ambil, hehe.. Oya2, perahunya itu selain berisi si pembawa makanan, juga ada pemain musik. Jadi, sekitar setengah jam-an, tuh perahu keliling danau bagiin sekoteng sambil bertulat-tulit bunyi suling. aaaaah, romantis banget nget nget.

ada juga sekelompok orang jepang yg makan malamnya di atas rakit di tengah danau.. ah, keren.. huhuhu.. diterangi oleh sinar remang2 dari obor. absolutely romantic.. cocok bangett buat hanimun dengan istri tercinta.. deuuh, mikirnya kejauhan ni.. tp gapapalah buat alternatif, deket lagih..

sebenernya sih rada males tidur, pengen menikmati dulu romantisnya malam itu di tempat tersebut. ah, tapi gw lagi rada ga enak badan. setelah menyalakan obat nyamuk elektrik, tertidurlah gw dengan pulas. hmm, walau rada waswas sih. berdoa supaya ga ada hal yang aneh2 seperti di penginapan GA malam sebelumnya. Walau dilihat dari jenis tempat, kamp sampireun memiliki kans lebih besar untuk terjadi hal2 seperti itu, huhuhu.. untungnya ga ada papa (adanya mama :P).

bangun tidur. tepatnya dibangunin tidur utk solat jamaah. brrr, dingin. walo ga dingin2 amat sih. tapi dingin menyegarkan. burung2 berkicau, udara segar, sayup2 azan terdengar dari masjid. a lot of positive energy to start a new day. sholat jamaah di teras, hehe. suasananya damai banget.



liat sunrise. keren banget. komposisi warna langit ada semua dari mejikuhibiniu. terus siluet gunung yg berwarna biru kehitaman. lagi2 sayang, pas difoto malah jadi aneh. gw pusing ngeset2 kameranya. Yah, gambarnya seadanya sajalah.

laptop dibawa sih, dan dinyalain. itu pun terpaxa karena memory card di digicam udah penuh, jadi mo ditransfer dulu. sama sekali ga ada tuh niatan untuk menyentuh pelajaran, hoho.. khan gw menerapkan prinsip ini:
Libur tlah tiba 2x
Hore 3x
Simpanlah smua bukumu
Lupakan dulu tugasmu
Libur tlah tiba 2x, hatiku gembira..
[melody by Tasya's Libur Tlah Tiba]

wakakakak.. udah ah.. biar aja, bersenang2 dahulu bersakit2 kemudian.. daripada bersakit2 mulu :P..

Lagi2 naik perahu. kali ini beramai2. adek naik perahu lain. sering tabrak2an sambil dorong2an perahu pake gayung. ini naik perahu apa bump-car sih? wakakak.. bahkan pas mo mendarat pun rebutan dan dorong2an perahu.. hihihi.. perahuku sempet jg masuk ke dalam kolong rumah :P.. kali ini proses merapat paling kacau, huehehe..




abis capek mendayung, kongko2 dulu di beranda tepi danau. eh, ternyata ada snack serabi yang diantarkan perahu keliling. makan, makan!!! =D.. trus abis2in makanan ikan yg masih tersisa. Seperti yg sudah saya ceritakan, ikannya itu gede2 banget. nyobain masukin kaki ke air sambil kasih makan. hihihi, geli kena sundulan ikan2 itu. tapi serem jg sih sama ikan yang gede banget itu. wlau tau dia ga bakal makan jari kaki gw, tapi ada sensasi menakutkan ngeliat dia itu. setelah itu, "buang2" makanan sisa. duh, ikan2 itu ternyata maruk banget y? apa aja dimakan.

berleyeh-leyeh.. ah, menyenangkan.. coba kalo tiap hari kayak gini. hmm, tapi bosen jg ding pastinya. tp suasananya itu lho, awesomely beautiful. udaranya jg seger, dan yg jadi nilai plus, udaranya beraroma bunga2an yg emang ada di sana. bener2 refreshing.

breakfast udah telat banget. udah hampir diberes2in. abis breakfast, harus check-out T____T.. ah, akhirnya harus kutinggalkan juga kampung sampireun.

sama sekali ga nyesel pergi ke situ. keren abiz biz biz biz. bude dokter aja yg hobinya komentarin sesuatu, kali ini ga banyak komentar. Okay, kalo masalah tempat sih mungkin ada tempat lain yang lebih bagus, bahkan bisa aja jauh lebih bagus. tapi untuk service dan pelayanannya, kampung sampireun mungkin salah satu yang paling te.o.pe. Akang2 dan teteh2nya ramah-ramah banget. Entahlah, itu untuk pertama kalinya gw merasa begitu nyaman. Tiap ketemu, pasti senyum dan menyapa. rasanya ga pernah dia cuek or diem aja. Okay, di tempat lain jg ada sih yang kayak gt, cm terasa banget kl itu sbagian besar sekedar formalitas or menjalankan sebuah prosedur bernama es.o.pe. Di kampung sampireun ini rasanya begitu rilex, akrab, dan menyenangkan, dan ga kerasa kekakuannya. Mungkin jg dan gw yakin kl mereka emang diperintahkan untuk bersikap ramah seperti itu. Tp sepertinya mereka enjoy dan emang ramah2 =D. Terus ya, tiap mobil yang parkir, dicuci ma mereka.. ckckck.. Untuk pelayanan, gw kasih 4 jempol. kalo gw punya 5 jempol, gw kasih 5 deh.

Abis check-out, balik ke bandung. kami udah pasrah kalo2 bakalan macet parah. yup, hari itu khan hari sabtu, yang diperkirakan merupakan salah satu puncak dari arus balik mudik lebaran.

Ternyata, jalanan lancar. Untungnya Nagreg jg lancar. padahal selama ini katanya Nagreg adalah salah satu momok bagi para pemudik, karena selain sering macet, kondisi jalanan yang curam dan berkelok-kelok sangat rawan. Kl gw yang nyetir di situ terus macet, nangis darah berbalut nanah lah gw.

Makan siang di RM Ponyo. Kok makan di situ? Yah, katanya sih nostalgia. Konon, puluhan taun lalu, bunda dan bude2 pernah makan di situ bersama-sama dengan eyang. Oooh, jadi napak tilas ni ceritanya? Okay. Rasa makanannya? much much better than Ma Uneh di Setiabudhi. Recommend: ayam goreng

Sampe bandung jg akhirnya. Istirahat dulu, baru balik ke jakarta. untungnya di perjalanan jg ga macet. emang sih, ada beberapa saat agak tersendat, mobil jg padet banget, tapi ga sampe macet. padahal hari itu khan jg diduga puncaknya arus balik. yah, syukurlah.. n__n

Oya, yang ngelewatin tol Cikampek, pada ngerasa ngga kalo banyak rest area baru dan gede2 dan bagus2? gw sampe pangling ngeliatnya..

how wonderful those few days.. alhamdulillah Ya Allah..

~dari sekian banyak foto, ga berani nampilin yang ada foto saya.. karena pas lebaran, gepe everywhere: gede perut, pipi, pinggang, dan pe-pe yang lain.. hiks.. manalagi saya belum pangkas rambut.. pokoknya saya sangat tidak photographable..

2 comments:

Anonymous said...

wah bang, asik banget tempat2nya..
ga sia2 nyeritain panjang2, hehe..
btw itu foto sendiri ya? bagus bagnet loh :)
ohya, mana buku pribadinya?
lol

Anonymous said...

foto sendiri lho.. makasih2 =)..

Hmm, mudah2an comment panjang2 untuk minta bukunya ga sia2 jg ya 'de.. hohoho..

About me

  • M.Rabindra Surya aka Arya aka Rabz
  • Male
  • CSUI
  • Twenty
  • Maaf kalo ada postingan dengan bahasa Inggris kacaubalau. Lagi belajar ^^"