Saturday, August 12, 2006

Let's Go To Singapore

Read Previous: Let's Go To Batam


Day One


Sampai Pelabuhan di Singapore

Setelah melalui perjalanan laut selama kurang lebih 1 jam, sampai juga di negara Singapura.. Huhu, gw sangat terkesan akan pemandangan sesaat sebelum merapat di pelabuhannya.. begitu hijau dan asri!!! Beda banget pas saat meninggalkan batam..

Hampir aja terjadi suatu ‘kecelakaan’ saat baru merapat.. kami turun dari kapal termasuk giliran paling belakang.. saat gw mo menurunkan tas, kata sodara gw ga usah.. katanya nanti bakal ada yang nurunin dan kita ambil di suatu tempat **kayak kalo naik pesawat gt..** eh, tapi ternyata saat2 tuh kapal udah mo jalan, ada petugas yang bilang kalo tasnya mesti dibawa ndiri.. walaaah, gw panik.. langsung aja gw dan adek gw buru2 nurunin koper-koper raksasa itu. mana klakson kapal udah bunyi lagi.. berhubung kopernya itu berat banget, tentunya ga bisa cepet2 nuruninnya. Dan gw hampir aja kebawa kapalnya itu. Saat nurunin koper terakhir yang paling besar dan berat, kapalnya udah jalan.. ugh.. rasanya sebel banget..

Sampe pelabuhan, tentunya ke bagian imigrasi. Ngantrinya lumayan panjang. Dan sialnya, kita ga bisa tau mana barisan yg paling cepet atau paling lambat. Kalo toilet umum, tentunya pilihlah yg banyakan cowok yang antre.. pastilah lebih cepet.. hehe..

Abis itu gw dengan terengah-engah menggeret-geret koper di pelabuhan.. mencari jalan keluar.. dan nampaknya kita memilih jalan keluar yang salah.. hiks.. jadi di situ hanya ketemu bis rombongan, padahal kita mau cari taksi.. rasanya dongkol banget.. tapi ya sudahlah terima saja dengan hati lapang.. akhirnya dapet juga taksi.. pengemudinya orang chinese.. bahasa inggrisnya aneh beut!! China campur malay campur inggris.. kita berempat cuma bisa nebak-nebak, hehe..

Kami nginep di Crown Hotel yang terletak di Orchard Road.. tapi si supir itu kayaknya ga ngerti.. untunglah akhirnya sampe juga dengan selamat di hotel..

Crown Hotel..
Kamarnya luas =D.. Menyenangkan.. Apalagi ada connecting door nya.. Crown Hotel letaknya cukup strategis, dekat mount elizabeth hospital, paragon, dan lain sebagainya. Dan alasan utama kami memilih hotel itu adalah tak lain dan tak bukan karena dekat dengan masjid.. Yupz, besoknya kami (tepatnya budeku dan mamaku) shalat subuh di masjid itu.. gw? Tepar di tempat tidur, hehe..

Baru istirahat bentar + mandi, langsung keluar lagi.. well, kata nyokap gw, sayang udah sampe singapore kalo cuma buat tidur2an.. iya juga sih.. jadinya berjalanlah ke lucky plaza yang letaknya ga jauh dari situ.. Adek gw memisahkan diri karena mo ketemu temennya yg kebetulan jg ke singapur.. duh, gaya banget sih ketemuan sama temen aja mesti ke singapur dl :p..

Jalan2 ke Lucky Plaza.. Hmm, sepertinya nih tempat udah jadi sasaran orang indonesia y? kami di situ beli barang pesenan sodaraku, dan tentunya cari2 oleh2.. emang dasarnya gw ga hobi blanja, jadilah rada bete.. gw mo belinya barang elektronik, tapi pastilah harganya mahal dan apadaya tak ada duit.. Sempet ketemu sama penjual muslim dari India, karena kita muslim juga, dikasih korting yg lumayan, subhanallah.

Hari itu, makan malam kami adalah: nasi padang yang kami beli di pelabuhan batam center, hehe..

Mustafa 24 [official website]
Walau sudah malam, tapi ternyata ibu2 itu tidak capek belanja.. kami bertolak ke toko Mustafa yang terletak di daerah little india.. ya, ke toko itu malem2 karena buka 24 jam.. di situ nemuin barang2 untuk dijadikan oleh2.. dan gw beli2 saja.. lagian kalo ditunda2 mulu mah jadinya ga beli2.. tapi harga barang2 di situ emang ga terlalu mahal kok.. lagipula barangnya cukup bagus.. di toko itu kalo ga salah sampe jam dua belas kurang, baru balik..

Toko mustafa itu gede juga dan barang2nya lumayan lengkap. Mulai dari makanan, pakaian, elektronik, dan lain-lain.. tapi salah satu kekurangannya yaitu: rapet.. iya, peletakan barang2nya itu mepet2 banget.. jadi kalo saat jalan papasan sama orang, rasanya repot banget. Apalagi kalo sama2 bawa trolley.. Oya, yang bikin gw heran.. tengah2 malem gitu kok masih cukup banyak anak2 yang nemenin orang tuanya belanja ya? Apa emang di luar negeri itu kayak gitu? Kalo di Indonesia pastinya anak2 udah tereliminasi pada jam 9 malam..


Day Two



Grand Central Hotel
Pagi2, mindahin koper dulu ke Hotel Grand Central.. Kami pindah hotel karena waktu itu kami ada perubahan jadwal, jadi pas hari kedua-ketiga, ga kedapetan tempat di Crown Hotel.. Sepertinya banyak orang Indo yang suka nginep di hotel grand central itu.. karena waktu itu, sodara gw yg ikut tur nginep di situ. Trus Ilham jg sempet nginep di situ. Dan pegawai2 hotel itu juga cukup fasih berbahasa Indonesia..

Tapi kami kurang beruntung, karena mendapat kamar yang tidak mendapat pemandangan keluar.. pemandangan keluarnya adalah tembok. Jadi, walaupun siang hari, kami tidak mendapatkan sinar matahari.. T_T.. ya sudahlah.. kami di singapore khan bukan untuk menikmati kamar hotel, hehe..

Grand Central terletak di belakangnya Hotel Le Meridien Orchard Road. Oya, bagi pencinta musik klasik, katanya sih di bagian toko2 di Le Meridien ada toko buku literatur yang cukup lengkap, bahkan lebih lengkap jika dibandingkan di… duh, lupa namanya apa.. well, may be u can try it..

Oya, gw merasa koq breakfast mulai dari Batam sampe Singapore sejenis ya? Yang pastinya ada menu wajib *bukan wajib gw makan, tapi selalu dihidangkan*, yaitu scrambled egg dan french fries.. terus kayaknya miskin menu jg deh alias menu makanannya cuma dikit. Kalo hotel di indonesia khan sampe heboh gitu menu makanannya. Mulai dari makanan indo, jepang, china, barat, semuanya ada..

Zoo [official website]
Hari ini, tujuan kita adalah berwisata. Rencananya ke sentosa island.. tapi entah kenapa ga jadi.. dan entah kenapa juga kita terus milihnya kebun binatang alias zoo.. oya, ada satu hal yang lucu. Waktu bilang ke supir taksi kalo kita mau ke Zoo, terus dia nanya2 terus.. dia baru ngerti setelah kita eja Z.O.O.. setelah gw pikir2, dia mungkin nangkepnya Zouk kali y? Kalo ga salah, Zouk itu adalah salah satu club atau sebagainya yg paling terkenal di singapore..

Yaaah, kebun binatang lagi..”.. Itulah yang pertama terlintas di kepala saat mengetahui bahwa tujuan kita tak lain dan tak bukan adalah kebun binatang. Gw rada males karena di Indonesia aja ada kebun binatang.. ini udah jauh2 ke singapore kok ke kebun binatang jg. HTM nya kalo ga salah sekitar 70ribuan per orang..

Tapi, prediksi gw ternyata salah.. Kebun Binatang di Singapore itu bener2 bagus.. sangat sangat tertata rapi.. walaupun luas begitu, kayaknya hampir semua sudut ditata sedemikian rupa sehingga menarik.. intinya, gw sangat2 terkesan dengan kebun binatang tersebut.. kami berjalan kaki di sana. Yang namanya kebon binatang pastilah luas.. so pasti kami capek banget.. kami berpikir seandainya saja kami naik kereta keliling.. yang tambah bikin gw capek adalah tas gw.. entah kenapa gw sering sekali memasukkan barang2 tak penting ke dalam tas.. huh.. Oya, yg bikin gw terkesan juga adalah beberapa puluh meter sekali, ada tempat peristirahatan yang bener2 bagus.. karena berpendingin ruangan, dan bahkan beberapa bertelevisi.. jauh banget sama di indonesia.. yah, emang bayarnya jg jauh sih.. kebon binatang indonesia kalo ga salah HTMnya Cuma 4000 rupiah!! (6% dari HTM bonbin singapore).. oya, sayangnya kami tdk mendapat kesempatan melihat performance2 yg ada di jam2 tertentu.. jamnya ga pas siiih..

Sore sampe malem, belanja dan liat2 di sekitar orchard road.. sodara gw beli koper!! Hehe.. jadilah gw jalan2 di orchard road sambil menenteng koper gede.. hehe.. naro koepr sebentar ke hotel, lalu cari makan malam.. nyari rumah makan indonesia yang disarankan oleh temen dari sodara gw. Cuma berhubung udah malem, tempatnya udah tutup T_T.. nyari2 yg lain cm entah kenapa ngerasa ga sreg. Jadilah makannya di deket hotel.. entahlah namanya apa gw lupa, tapi semacam chinese restaurant gt. Kita mesen makanan yg aman aja: seafood, hehe.. ternyata rasanya enak jg.. walau emang rada mahal.. apalagi minumannya. Minuman yg paling murah yaitu: EVIAN, itu tuh air mineral itu.. harganya 3 dollar lebih.. mahal amaaat.. yupz, tentunya kita pesen yg paling murah, hehe..

pergi ke Mustafa, lagi.. nyokap gw mo beli koper yang dari kmaren diincernya.. Pas di Mustafa, ternyata nyokap gw ga nemuin koper yang diincarnya. Entah nyokap gw lupa letak kopernya di mana atau udah disamber sama orang. Namun, tetep aja jadi beli koper, hehe..

Taxi..
Untung aja kami ke sana pas berempat.. niatnya mo ngajakin sodara satu lagi, tapi jatah cutinya dia disimpen buat umroh, hehe.. bukannya apa2 ya.. kalo berlima, bakalan susah naik taksinya.. karena kalo di sana, naik taksi itu harus ngepas: 1 orang di depan, dan 3 orang di belakang..

Kalo udah lewat jam 12 malem, maka biaya taxi juga menjadi lebih mahal lho.. kalo ga salah sampe jam 4 atau 5 pagi.. gw lupa dapet tambahan charge berapa, tapi lumayan mahal..

Satu hal yang buat gw tertarik.. Kalo lagi jam sibuk, maka di pintu masuk jalan2an tertentu kayak dipasang sensor tertentu.. mobil yang ngelewatin jalan itu makan akan dikenakan charge tambahan secara otomatis.. entah bayar charge nya itu ke mana nantinya.. err, waktu itu sih gw naik taxi.. kalo naik mobil pribadi kurang tau juga deh.. oya, taxinya juga udah pake semacam GPS gitu. Cool..

Oya, gw heran. Di sana banyak mobil mercedes benz, baik sedan maupun van yg dijadikan taxi.. pernah sekali manggil *ga sengaja manggil* taxi mercedes.. gw udah jiper aja kalo harganya bakal berlipet2, tapi ternyata engga.. *lho?* bingung? Gw juga bingung.. terus bukan mercy yg jadul2 banget.. merci nya E230/E320 model golden eye.. terus van nya.. err, gw lupa tipe berapa. Yg van emang sih lebih mahal, orang lebih gede..

Day Three

Kampung Bugis
Keesokan harinya, sebenernya sih kami mo naik MRT, tapi ga keburu.. Keburu sih, tapi rada bingung aja,, Yasudah, jadilah kami ke Kampong Bugis.. Walaupun namanya kampung bugis, tapi entah kenapa yang di sana orang chinese semua ya? Hehe.. jadi kayak semacam pasar gitu.. terus banyak pedagang yang bawa2 toa untuk neriakin dagangannya, yg sayangnya dengan bahasa cina.. mana gw ngerti??

Di situ ada juga murid2 yg lagi cari dana.. hmm, kata gw sih mirip2 di jepang **maksudnya mirip di komik jepang**.. jadi, yang udah nyumbang, diberikan semacam pin/kain untuk ditempel.. eh, boleh juga tuh diterapin di Indo.

Terus nemu orang jual durian.. hahaha.. jadilah nyokap dan sodara gw beli durian buat dimakan langsung di situ. Harganya juga murah.. koq bisa ya? Adek gw nemuin tempat jual takoyaki.. itu, makanan jepang berbentuk bulat yang ada guritanya.. berhubung adek gw fans berat manga jepang, jadi pengen nyobain makanan yg emang suka ada di manga2 tsb.. sebenernya sih tokonya belum buka, dan si penjualnya nyaranin kami utk pulang aja lain kali. Tapi adek gw nolak dan keukeuh nungguin. Si penjual tampaknya tersentuh juga oleh tekad kami, jadilah dia membuat takoyaki tsb, hehe.. terus kami pesen juga okonomiyaki dan nasi goreng.. rasanya?? Enak banget!! Si penjual takoyaki tersebut ternyata asli jepang lho.. dan dia ktanya pernah beberapa tahun di jakarta..

Hmm, kok gw ga pernah nemu orang jual takoyaki di jkt y? pas gelar jepang aja, tapi itu pun rasanya kurang.. kata tuti di depan sogo plasa senayan ada. Tapi gw blm pernah nemu tuh..

Changi
Abis dari kampung bugis, kita ke Bandara Changi.. dan Changi itu ya, kata orang yg udah kesana bbrp kali, tapi tetep aja mengesankan.. dengan keasriannya, kecanggihannya, kenyamanannya, dan lainnya yang membuat Changi itu begitu menyenangkan.. banyak ruang tunggu yang nyaman dengan sofa-sofa empuh dan televisi layar lebar. Bunga-bunga yang kembang nampak menyejukkan. Karpet birunya menimbulkan kesan ramah dan hangat. Fasilitas internet gratisnya memanjakan kita, air keran yang layak minum, toilet yang bersih dan cukup canggih, sampe praying room yang nyaman banget.. gw sangat2 terkesan dengan Changi.. kapan ya bandara indonesia bisa kayak gitu? Susah kali y.. apalagi Changi khan termasuk bandara paling bagus sedunia.

Sempet keliling2 dulu di Changi sbelum naik pesawat. Banyak toko2 yg jual berbagai macam peralatan. Inget banget waktu hari itu adalah launchingnya Harry Potter buku 6, jadi di setiap toko buku, pasti heboh masang Harry Potter.. harganya? Ga jauh beda kok sama yg di Indonesia.. Oya, katanya Giordano yang dijual di situ murah2.. entahlah, gw ga kesitu. Kata halpin, t-shirt Cuma 20ribuan rupiah. Masak sih??

Akhirnya gw pulang juga ke Indo..bye2 singapore.. oya, di sana ga sempet ketemu sama sapa2.. karena pas liburan itu, lagi pada ke jakarta semua. Yg lagi di singapore jg lagi sibuk banget.. yasudahlah..

**gw ke singapore 3 hari aja postingnya panjang banget ya? Jadi malu nih sama yg tau singapore.. tulisan di atas banyak sotoy-nya.. kalo mo ada yg diperbaiki, monggo...

Don't forget to read: Let's Go To Korea.. Coming Soon!!

No comments:

About me

  • M.Rabindra Surya aka Arya aka Rabz
  • Male
  • CSUI
  • Twenty
  • Maaf kalo ada postingan dengan bahasa Inggris kacaubalau. Lagi belajar ^^"