My Thoughts On..

L'endroit j'├ętablis mon esprit -The Place I Lay Down My Mind-




Salmonella typhi


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



whew, udah lama banget rasanya ga posting di blog.. hampir 3 minggu ga posting, yang bagi gw itu artinya lama banget.. hehe..

Hal ini disebabkan tak lain dan tak bukan karena bakteri yang bernama Salmonella typhi.

Sejujurnya, gw ga tau bakteri itu kok bisa tiba2 ada di tubuh gw. Setau gw sih cuma masuk angin biasa, setelah nyupir malem buta dari Bogor (untuk ngasih kejutan ultah buat adek gw, tapi gagal) ke rumah. Tapi kok ya masuk angin ga sembuh2. Hmm, mungkin karena gw yg rada bandel jg sih.

Oya, gw jadi tau rasanya mengalami kejang, hehe.. Jadi kejang itu badannya seperti orang yang lagi menggigil kedinginan, padahal saat itu lagi ga kedinginan. Saya baru tau tentang hal tersebut beberapa hari kemudian pas baca2 internet, dan ternyata yg gw alami adalah kejang, hehe..

Pertama2 yang gw rasakan itu adalah seperti masuk angin biasa, tanpa batuk dan pilek, badan terasa pegel2 yang amat sangat (terutama punggung), dan juga demam yang cukup tinggi. Nah, jadi temperatur badan gw itu naik turun seperti roller-coaster. Bisa naik sampe 39, tapi setelah minum obat penurun panas, turun lagi jadi sekitar 36. Kalo efek obat udah abis, naik lagi sampe 39. Gw sempet mikir, akankah gw menjadi selalu ketergantungan obat seumur hidup gw, yang beberapa jam sekali harus minum obat penurun suhu tubuh. Padahal itu khan gw bagus buat hati (hati organ tubuh, bukan hati yg lain).

Karena setelah beberapa hari kondisi tak kunjung stabil, jadilah gw cek darah. Yang dicek itu adalah hemoglobin, leukosit, trombosit, hematokrit, hitung jenis (ternyata untuk ngitung jenis2 leukosit spt basofil dkk), WIDAL (untuk ngitung bakteri Salmonella typhii dan Salmonella paratyphii), dan Anti DHF (tau deh yang ini buat paan).

Saat menunggu hasil, gw bener2 harap2 cemas. Takut aja kalo hasilnya buruk, mesti segera dibawa ke RS. Yah, gimana ya, soalnya menyangkut kesehatan dan hidup sih. Dan rasanya lebih degdegan dibandingin nunggu hasil ujian atau giliran presentasi ataupun nunggu hasil interview.. Yeah, at least kalopun hasil ujian/presentasi tersebut ga memuaskan, everything else can still go on.

Hasilnya alhamdulillah, trombositnya ga napa2, that means gw ga kena demam berdarah, salah satu hal yang gw khawatirkan. Hmm, walau sebenernya udah sedikit diprediksi sebelumnya. khan kalo kena DBD, suhu badan ga turun2, sedangkan gw naik turun. But still, kemungkinan tetap ada. Penyakit sekarang khan variasinya udah bermacam-macam, dan gejala2nya udah ga saklek kayak dulu.

Hasil tes yang lain jg tak knapa2, kecuali hasil tes WIDAL nya. Ternyata terdeteksi bakteri S. paratyphi A-O, S. paratyphi B-O, dan S. paratyphi B-H. Masih untung karena jumlahnya masih sedikit, jadi ga parah2 amat..

Nyokap gw orangnya rada2 males pergi ke dokter, jadi sebisa mungkin ga pergi ke dokter. Jadilah yang dilakukan adalah berkonsultasi ke sodara gw yg dokter, yeah although she is ginecologyst, tp mungkin sedikit banyak tau ttg sakit gw. Tapi ternyata bude dokter tersebut konsultasi ke suaminya dulu yang jg dokter. Padahal ya, suaminya itu lagi sakit stroke ringan dan terbaring lemah di rumah sakit. duh, gw jadi ga enak banget sama pakde..

Walau begitu, mungkin berkonsultasi dengan pakde adalah hal yang tepat. Mengapa? Karena setau gw, beliau itu kepala lab subdivisi sitologi di bagian patologi anatomi di FKUI. Jadi, hal tentang bakteri sepertinya udah jadi santapannya sehari-hari.. Jadilah konsultasi dengan pakde, dan diberilah saya obat antibiotik dan pembunuh bakteri. Alhamdulillah, sejak itu kondisi saya membaik perlahan-lahan, dan ga perlu sampe masuk ke RS.

Dan yang membuat gw terharu, si pakde beberapa hari kemudian nyuruh anaknya untuk nanyain kondisi gw.. Padahal kondisi beliau sendiri lebih mengkhawatirkan, karena sempat diduga terkena tumor jg di paru2nya, tapi sempet2nya mikirin gw yang terkena gejala typhus ringan.. Ya Allah, mudah2an pakde diberikan kesembuhan dan kekuatan.. Amiiin..

Jadilah gw selama seminggu penuh terbaring di rumah.. Ini pertama kalinya gw ga masuk selama seminggu karena sakit, kalo tidak salah sejak kelas 3 SD yang lalu. Waktu itu terkena penyakit cacar air. Kalo ga masuk seminggu karena hal lain sih pernah, terakhir kali 2 taun lalu. Pas banget 2 taun yang lalu (sampe tanggal2nya jg pas), karena 2 taun yg lalu itu gw bolos untuk menemani sodara ke SK. Tapi beda banget ya alasan ga masuknya. Berarti yang namanya tanggal keberuntungan itu ga ada. Karena pada tanggal yang sama, saya bisa menjadi sangat beruntung, tapi bisa jg saya sedang mendapat ujian.

duh, saya jadi ga enak karena selama seminggu itu telah meninggalkan banyak hal yang musti dilakuin (maaf ya bagi yang terkena efeknya). Saya jadi salut sama bude dokter yang bisa2nya sesaat setelah dioperasi kateter, langsung melakukan visiting ke pasien nya.. ckckck... nampaknya menjadi dokter bukan hanya profesi, tp sudah menjadi pengabdian.

selama sakit, insya Allah ga sia-sia waktunya.. cukup banyak hal yang bisa didapat dan dipelajari.. gw jg bersyukur sama Allah karena walau sakit, tetap diberikan kemudahan untuk berobat dan biaya. Karena pada saat gw lagi sakit itu, nyokap gw cerita ke gw bahwa di perjalanan, beliau bertemu dengan seorang bapak yang sedang terbaring di pinggir jalan. Di sisinya ada istrinya dan dua orang anaknya. Nyokap gw lalu meminggirkan mobil dan menghampirinya. Dan ternyata, bapak itu sedang sakit yang cukup parah, dan bahkan tidak sanggup lagi untuk berjalan. Dan untuk naik kendaraan umum jg uangnya tidak cukup. Gw mendengarnya merasa sedih banget akan kondisi bapak itu, sekaligus merasa bersyukur akan keadaan gw.


-----------------------------
about typhus

(sebenernya sih demam typhoid, typhoid ama typhus beda, cm dokter Indonesia terbawa kebiasaan sejak zaman Belanda. Di Belanda sendiri sampe sekarang masih suka ambigu.)

Setelah baca2 dari beberapa artikel, bakteri ini biasanya datang bersama dengan makanan. Nah, gw abis makan apa atau di mana ya bisa sampe kena bakteri itu. Hmm, yang gw inget mah beberapa hari terakhir itu, makan ayam sepertinya memang terlalu excessive buat gw. Kayaknya gw makan segala macam ayam, mulai dari ayam goreng, ayam goreng tepung, ayam kremes, ayam bumbu kecap, ayam bumbu rujak, ayam panggang, dan ayam2 yang lain.. Apa karena itu ya? **enak banget nyalah2in ayam :p

tentang sakit demam tipoid:
prodia's site
other site
media sehat

Labels:


4 Responses to “Salmonella typhi”

  1. Anonymous Anonymous 

    The good thing about apples is that they greatly help to
    lose weight definitely calls for some form of health questionnaires.
    natural ways to detox your body Fasting can be used as a replacement for expert medical advice.

    Effectiveness of Natural Ways To Detox Your Body
    DrinksThe debate over whether Natural Ways To Detox
    Your Body drinks can help you during a liver cleanse, your body
    is releasing toxins faster than you can possibly imagine.


    My web blog emilerags.mancouch.com

  2. Anonymous Anonymous 

    Even if you have one or two word keyword phrases as well
    as the link building procedure. There are plethora of online article submission sites that are closely
    related to your website and ensure higher search result rankings with organic home business methods.
    Customers need to be descriptive and interesting.
    They are almost invariably hoaxes. Trial and error is a major problem in their communities.
    These can then be used to host content and stimulate
    conversation, with a higher number being more desirable.



    Feel free to visit my webpage - orange county search engine optimization

  3. Anonymous Anonymous 

    Use one h1 tag and include the primary keyword in the title are, together with the name of your city to obtain the best results.
    This feature and the entire Open Graph itself, forces site owners
    and brands to approach Profit in a whole new way. One of
    the site. This tool allows you to also be able to find your services.
    I hope you now have a bigger chance of appearing in search engines.


    my web site - how to optimize a website

  4. Anonymous Anonymous 

    Panpour's lower body is yellow with a small amount of memory the video game industry is wondering why more and more time studying, time spent playing Video Game Advertising had a direct impact on their psychology. Watch and LearnSit with your child and watch him play the game.

    My site: new video games releases

Leave a Reply??


About me

Categories

Previous posts

Archives

Links


ATOM 0.3

Powered by Blogger

make money online blogger templates



My Thoughts On.. is powered by Blogspot and Gecko & Fly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.