My Thoughts On..

L'endroit j'├ętablis mon esprit -The Place I Lay Down My Mind-




Amazing Race Asia: India


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



kali ini memakan waktu yang cukup lama jg, karena untuk 1 pitstop memerlukan 2 episode.
Yups, setelah dari Thailand, para peserta segera terbang ke Calcutta, India. Mengetahui bahwa mereka akan India, gw berpikir bahwa ini akan menjadi episode yang sangat seru. dan ternyata gw tidak salah.. =)

Sesampainya di bandara di calcutta, mereka harus pergi ke sebuah biara milik mother teresa, seorang biarawati yang terkenal akan kebaikan dan ketulusannya dalam menolong sesama. FYI, Mother Teresa dilahirkan di Macedonia dan berkediaman di Calcutta. Dari bandara, peserta naik taxi ke biara tsb. Tadinya Marsio dan Mardi (M&M) ada di urutan pertama, tapi mereka kurang beruntung karena di tengah jalan ban taksinya pecah. Soo, untuk waktu yang cukup lama, perjalanan mereka terhambat.

Di biara tsb, bagi yang katolik diminta untuk menyalakan lilin. lalu mereka mengambil petunjuk tantangan selanjutnya. tantangan selanjutnya adalah pergi ke sebuah jalanan dimana mereka menjadi penyemir sepatu. Mereka diminta untuk menyemir 20 pasang sepatu.

Setelah tantangan menyemir sepatu, tantangan selanjutnya adalah memakan makanan khas india di suatu restoran. Memang sih terdengar mudah, tetapi fyi, makanan india tsb teramat sangat spicy bahkan utk lidah indonesia sekalipun. selain itu, pada menu yg dipilih, terdapat bbrp bahan yg tidak biasa, spt mata sapi (bukan telor mata sapi lho..). porsi yang disajikan pun teramat sangat besar. Melihat hal tersebut, gw jadi seneng, karena tentunya tantangan ini memberikan keuntungan tersendiri untuk M&M, makan gitu lho..

Peserta2 banyak yg kesulitan untuk menghabiskan makan tersebut, mungkin krn terlalu spicy, tapi alasan utamanya adalah karena porsinya yang sangat banyak. Terbukti dari beberapa orang yang harus memuntahkan makanannya (engga didiskualifikasi. kl iya, palingan cm sedikit yg lolos). M&M dateng paling telat ke tantangan tsb., tapi seperti yg sudah saya prediksi: mereka amat menikmati tantangan ini, haha.. Yang lain pada kesusahan ngabisin makanan, M&M bahkan meminta tambahan nasi yang cukup banyak, hahaha.. duuh, padahal lagi lomba kok ya sempet2nya minta tambah nasi..

tantangan selanjutnya adalah pergi ke sebuah toko tekstil. tapi hari sudah malam dan toko tersebut udah tutup. pertandingan baru dilanjutkan keesokan harinya. syukurlah, soalnya M&M lagi ada di urutan terakhir. dengan begitu, pd hari selanjutnya mereka bisa mengejar ketertinggalan. Pada hari selanjutnya di toko tekstil, mereka diminta untuk mencari kertas petunjuk di antara tumpukan kain2 di toko tsb. dan M&M adalah pasangan terakhir yg menemukannya. sepertinya mereka emang blm nasib utk mengejar ketertinggalan.

Yang nemuin clue pertama adalah Andy dan Laura. setelah itu, mereka naik taxi ke tempat tantangan selanjutnya. tapi mereka agak licik untuk memilih taxi, karena mereka pakai taxi yang udah di-tag sama SandyFrancesca. AndyLaura nyerobot taxi itu karena mereka tahu bahwa supir taxi tersebut merupakan supir taxi yang handal dibandingkan supir taxi peserta2 lain. SandyFrancesca yang kemudian mengetahui hal tersebut pastinya jadi dongkol banget.

tantangan berikut adalah: DETOUR. pilihan pertama: memindahkan berkendi-kendi susu dengan cara meletakkan si kendi di atas kepala utk diisi ke wadah yg masih kosong. pilihan kedua: menghitung jumlah butir kacang yang berada pada suatu wadah besar. Sebagian besar memilih tantangan kedua. yang milih tantangan pertama cuma Andy dan Laura.

Pada tantangan kedua, beruntung M&M bisa cukup cepat menyelesaikannya. Yang paling lama yaitu Sandy & Fransesca, sekitar 5x mereka salah melakukan perhitungan.

Setelah itu, mereka diminta untuk pergi ke Bank of India, dimana mereka akan menemui Allan Wu, sang host acara. Biasanya, kalau ketemu Allan Wu berarti udah sampai tempat pemberhentian. Tapi kali ini tidak, mereka masih harus menemui tantangan selanjutnya. Beruntunglah SanFran yang ada di urutan terakhir saat itu, mereka punya kesempatan untuk memperbaiki posisinya.

Para peserta diminta untuk ke stasiun kereta api terdekat, karena mereka akan naik kereta api menuju tempat tantangan selanjutnya, yatu New Delhi. Di pos berikutnya, udah diberitahu bahwa pos tersebut adalah pos Yield. Jadi, yang sampe duluan di pos ini bisa memiliki hak untuk menghambat satu tim yang mereka inginkan. Maksud dari kata 'menghambat' di sini adalah tim yg dihambat tersebut akan idle dulu selama waktu tertentu. Nah, AndrewSyeon dan M&M emang udah dari lama ga suka sama AndyLaura, krn itu mereka sepakat kl mereka tiba pertama di pos yield, mereka akan menghambat AndyLaura. SanFran jg pastinya akan menghambat AndyLaura.

Daaan yang pertama sampai di pos yield adalah SanFran, beda sangat tipis dengan AndyLaura. Seperti yg diduga, SanFran membuat AndyLaura idle untuk sementara. Tim2 yang lain segera datang ke pos tersebut dan menyalip posisi AndyLaura. Dan di sini terlihat lagi, bahwa AndyLaura tidak sportif. Sepanjang waktu idle, mereka menghina2 SanFran. Mereka terlihat sangat bahagia melakukan hal2 tsb. Ugh, begitu menjengkelkan melihatnya.

Tantangan selanjutnya adalah: DETOUR. Pilihan pertama: Mengangkat karung-karung besar yang berisi Cabe dari satu toko ke toko lain dengan jarak yg lumayan. Tantangan ini butuh fisik yang lebih dan juga yang akan menyulitkan peserta adalah cabe di dalam karung tsb. Karena membuat pedas dan mata pedih. Pilihan kedua: menggiring keledai yang membawa barang dari satu tempat ke tempat lain. Katanya sih tantangannya yaitu dalam membuat keledainya nurut. Tapi kok keliatannya yang ikut tantangan ini ga dapet masalah dlm hal itu ya? Mereka malah lebih kesusahan dalam mencari daerah tujuannya.

Yang pilih tantangan pertama adalah M&M serta AndrewSyeon. Yang lain pilih tantangan kedua. SanFran yang tiba pertama di tantangan ini sepertinya sangat kesusahan dalam mencari tempat finish si keledai. Mereka jg jalan dengan begitu santai, bahkan sampai tersusul oleh AndyLaura. Mengetahui bahwa mereka disusul, SanFran baru memacu kecepatan.. Saya mengakui kl AndyLaura itu pinter, tapi saya ga suka akan kelicikan mereka.

ROADBLOCK (yg boleh menjalankan tantangan hanya 1 orang dlm 1 pasangan). Tantangan berikutnya adalah menambal dinding dari kotoran sapi. butuh fisik yg prima utk melakukan hal ini krn hrs angkat2 ember dan menambal dinding. AndyLaura yang tiba pertama di tantangan ini diwakili oleh Laura. Sepertinya mereka salah strategi, karena saat selesai, mereka menjadi urutan ketiga. Yang pertama selesai di tantangan ini adalah AndrewSyeon, diikuti SanFran. M&M di urutan keempat..

Pos berikutnya adalah tempat pemberhentian aka pitstop, dimana yang terakhir sampe akan dieliminasi. Nah, untuk pergi ke pitstop itu, peserta harus naik taxi.. ternyata bentuk taxi di sana berbeda sama taxi di indonesia.. bentuknya bukan sedan, tapi model2 mobil angkot, persis banget malah. AndyLaura sempet kecele, mengira itu angkot..

Sepertinya AndyLaura emang dapet karma, selain salah mengira angkot, tas Laura jg sempet ketinggalan sehingga mereka harus ngambil dulu. Nah, karma tidak sampai di situ. Taxi yang mereka panggil juga ga ada yang mau minggir, bahkan mereka didahului oleh M&M dan JoejerZabrina yang ada di belakang. Dan saat final result, SanFran di posisi pertama dan AndyLaura di posisi terakhir. Mereka dieliminasi!! Yuhuuuu.. Seneng banget gw mengetahui hal tsb.. Emang udah karma kali ya.. Hehe..


------------------------------------

My Thought on India

Sekarang saya mo cerita bukan tentang pertandingannya, tapi tentang negara India nya berdasarkan pengamatan saya di acara tersebut.

Beberapa minggu lalu, saya melihat sebuah artikel tentang India di harian kompas. Di artikel tersebut, diceritakan bahwa India terkenal dengan kemiskinannya: rumah kumuh, mobil2 yang udah sangat usang, sanitasi buruk, kotor, dsb. Dan di Amazing Race Asia (AAA) ini bener2 keliatan. Kotanya padat banget, dan jorok banget. Thought that here was so much better. Terus ada jg yg mandi beramai2 di pinggir jalan, hanya dengan memakai handuk. Mereka menggunakan drum besar sebagai bak mandinya. Masing2 bawa gayung dan mandi beramai2. ckckck. kalo di Indonesia, setidaknya ada MCK, atau mandi di sungai gt.

Selain itu, lalu lintasnya jauuuuuuh lebih parah dibandingkan dengan Jakarta. masak sih? seriusss.. kalo pas episode di Jakarta, terlihat taksi2 pada lewat bahu jalan ataupun ada motor yg suka melawan arah di jalur yg tidak semestinya, kalo di India ini bahkan mobil naik ke trotoar!!! taksi jg bisa ambil jalan melawan arus! Kalo di keluarga saya, biasanya menamakan dengan angkot mode. [kalo udah macet, gw suka mengusulkan: "gimana kalo nyupirnya mode angkot aja?" yang artinya jalan nyeruduk2 walau bukan di tempat seharusnya]


Dan hal yang unik lainnya adalah mobil2 tersebut tidak bisa berhenti membunyikan klakson!!! Bener2 ga bisa berenti. Angkot2 di jakarta jauuuh lebih bagus dalam hal ini. Emang sih mereka rajin membunyikan klakson, tapi ga separah di India. Kebayang ga tuh gmn?

Malah, menurut artikel dan di AAA, kaca2 spion mobil2 tersebut pada ga ada!!! knapa? karena kendaraan2 di sana begitu brutalnya. bener2 brutal. sangat2 jarang ditemukan mobil yang mulus di sana. lampu lalu lintas entah berguna atau tidak.

Nah, kalo di film2 india, itu mah di daerah bollywood, mumbai. yang emang dikhususkan utk kepentingan film.

hmm, ternyata ada jg ya yang lalu lintasnya lebih parah dibandingkan dengan di Indonesia.

Pics courtesy of amazing race asia official website

Labels:




About me

Categories

Previous posts

Archives

Links


ATOM 0.3

Powered by Blogger

make money online blogger templates



My Thoughts On.. is powered by Blogspot and Gecko & Fly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.