Tuesday, November 14, 2006

waspada vs syak wasangka

Gimana sih caranya utk memisahkan antara waspada dan curiga? Niatnya sih waspada, tapi nanti dibilang prasangka buruk. Sebaliknya, kalo tiba2 kena sial, dibilangnya ga waspada. Hmm..

Sebenernya sih mo posting tentang kejadian beberapa minggu lalu. Sedikit mirip sama postingan saya yang ini.

Jadi, hari itu, like usual, kalo dateng ke kampus saya lewat gang samping Cornel, Barel. Nah, beberapa meter sebelum masuk gang itu, terlihat kepala seorang ibu2 menengok dari gang itu, seperti mencari orang. Dan saya yakin kalo dia sempat melihat saya.

Okay, lalu saya masuk ke dalam gang tersebut. Ibu2 tersebut berada di depan saya kurang lebih 10 meter bersama anaknya, sambil berjalan pelan. Berhubung dia jalannya pelan banget, otomatis berpapasan dong. Nah, pas udah cukup deket, dia berbicara pada saya:

Dia (D) : "De, gini, ibu dari Bogor. Kalo mo ke Bekasi ga bisa dari stasiun ini ya?"
Saya (S): "Stasiun?"
Gw bingung, kok mo ke Bekasi tapi turun di Depok
D : "Iya, stasiun."
hmm, maksudnya stasiun UI kali ya? Gw, yang sama sekali ga tau tentang dunia perkeretaapian di Jabotabek ini bengong. Bukan, bukan karena lemot. Tapi emang ga ada yg bisa di-load dari otak.
S : Hmm, kurang tau juga Bu. Tapi setau saya sih ngga bisa. Harus transit pindah kereta dulu..
Gw menjawab dengan perasaan ga yakin..
D : "Oooh, gitu ya De? Jadi ibu harus kemana dulu?"
Gw hanya bengong.
D : "Manggarai ya De?"
S : "Oh, iya. kayaknya bisa dari situ."
Gw inget temen seperguruan saat SMA yang kalo balik ke Bekasi bisa lewat Stasiun Manggarai
Nah, tiba2 dari ujung gang terlihatlah dua orang mba2 angkatan 2002, yaitu Mba Asri dan Mba Dikey, so gw tanyalah mereka untuk meyakinkan.
Singkat cerita, pokoknya kami sepakat kl Si Ibu itu musti ke stasiun dulu sebelum supaya bisa ke Bekasi naik kereta.
Okay, sebenernya sih sampai lancar2 aja. Sampe saat pada udah say bye dan mo melanjutkan perjalan masing2, terus si ibu itu berkata, "aduh, gimana ini? mana duit Ibu tinggal empat ribu lagi.."

aargh, denger itu saya langsung cepet2 pergi. dan kalo gw pikir2, gelagat2nya rada mirip sama cerita masa lalu itu..

dan lagi, kalo dipikir, aneh2 aja mo ke Bekasi kok turun di Depok. Terus bagaimana bisa ujug2 mereka kok adanya di Barel, bukannya di Pocin or Stasiun UI. Dan lagi, bukannya lebih baik kalo dia tanya langsung aja di stasiun sama petugasnya.

Apa hanya prasangka saya? Atau memang dia yang memang tak meyakinkan?

Trus, jika seandainya dia memang berniat buruk, mengapa saya yang diincar? (dia udah ngeliat saya sejak sebelum gw masuk gang). Apakah memang wajah saya begitu o'on dan blo'on sehingga dari dulu diincer terus? T___T

9 comments:

Anonymous said...

yang mana sih orangnya ya?
gw jadi penasaran...
koq ada sih orang kaya gitu?
wah....gw harus mondar-mandir di barel nih kayanya....

Anonymous said...

iya juga kali ya rabz...
mungkin tampang lo termasuk tampang2 siap ditipu =P

*pisssssssss

Anonymous said...

@franova:
Yah, susah kl dideskripsikan.. Sayangnya ga gw potret tuh :P
Coba tanya Tio, katanya dia jg pernah ngalamin beberapa kali..

@Ra!:
Duh, susah juga ya punya tampang innocent dan babyface kayak gw.

Anonymous said...

I normally would give Rp 5.000 and walk away. But if I were you (having to meet 'this kind of person' over and over again), I'm too would be frustrated :D

Anonymous said...

Arya,,,don't be sad
Gw jg pernah ngalamin kya gitu kok
Cuma gw kenanya di angkot M04
klo ga salah gw dah kena 2 kali
Waktu itu gw kasian dan gw beri aja uang seadanya
But,
When i told to my mother,
nyokap gw malah marah2, nasehatin gw, katanya gw ga bole ketipu ma orang kya gitu
Mereka klo nyari korban ga pandang orang ko, just kebetulan aja
Di jadiin pelajaran aja untuk lain kali ^_^

Anonymous said...

SAtu lagi,,,emang agak rancu ngebedain antara 'waspada' sama 'curiga'
Ikutin kata hati lo aja
N belajar jg dr pengalaman2 ;)

Anonymous said...

@Ollie:
frustrasi (atau frustasi ya?) sih engga.. tp jengkel banget, hehe...

@elly'moetz
eh, ada bday girl kasih comment..
hmm, mentang2 udah 20 taun, bahasanya bijak banget bow.. hehe.. =)
makasih atas sarannya.. :D

Anonymous said...

waduh bang arya, lain kali hati2 ya.. tampangnya digalakin dikit.. hehe..

Anonymous said...

aduh, gimana ya? tampang baik itu susah diubah.. :p

Siip, lain kl akan lebih hati2.. =)

About me

  • M.Rabindra Surya aka Arya aka Rabz
  • Male
  • CSUI
  • Twenty
  • Maaf kalo ada postingan dengan bahasa Inggris kacaubalau. Lagi belajar ^^"