Monday, September 11, 2006

Aktualisasi Diri

Hmm, saya sering mendengar perkataan "aktualisasi diri". Biasanya sih sebagai alasan dari orang untuk mengikuti suatu kegiatan. Well, saya sih tak pernah menyebutkannya, berhubung saya tidak mengerti apa maksudnya, hehe.. Karena penasaran, saya cari saja apakah sih arti dari 'aktualisasi' yg mempunyai kata dasar 'aktual' itu. Here it is..

Dari KBBI:
aktual
1. betul-betul ada (terjadi); sesungguhnya
2. sedang menjadi pembicaraan orang banyak (ttg peristiwa tsb)
3. baru saja terjadi; masih baru

aktualisasi
perihal mengaktualkan; proses, cara, perbuatan mengaktualkan

mengaktualkan
menjadikan aktual; menjadikan betul-betul ada; terlaksana

Berarti:
aktualisasi diri berarti proses, cara, perbuatan mengaktualkan diri sendiri agar:
1. betul-betul ada.. *hmm, mungkin ini untuk orang yg sering dikacangin*
2. menjadi pembicaraan orang banyak *weits, gw tau sapa.. ini mah botem banget.. atau setidaknya itulah yg dia rasakan dan inginkan.. wahahaha.. oya, gw merasa ada 'botem in the making' pada diri anak 06.. astagaa..*
3. awet muda. ga cepet tua. *Ratih, apalagi Tietha06 bener2 ga boleh aktualisasi diri.. hahaha..*


Tunggu dulu,
setelah dicari lagi, nampaknya kata 'aktualisasi diri' tak dapat diartikan secara harfiah. Itu adalah sebuah frase tersendiri yg diciptakan oleh Abraham Maslow. Dalam buku Hierarchy of Needs, ia menggunakan istilah aktualisasi diri (self-actualization) sebagai kebutuhan dan pencapaian tertinggi seorang manusia. Kebutuhan aktualisasi diri, meliputi kebutuhan untuk memenuhi keberadaan diri (self fulfillment) melalui memaksimumkan penggunaan kemampuan dan potensi diri.Maslow mendefinisikan aktualisasi diri sebagai sebuah tahapan spiritualitas seseorang, di mana seseorang berlimpah dengan kreativitas, intuisi, keceriaan, sukacita, kasih, kedamaian, toleransi, kerendah-hatian, serta memiliki tujuan hidup yang jelas, dan misi untuk membantu orang lain mencapai tahap kecerdasan spiritual ini.

Udah ah, ngalor ngidul ga jelas.. :P

1 comment:

fanatick's world said...

hai
nice blog. :)

About me

  • M.Rabindra Surya aka Arya aka Rabz
  • Male
  • CSUI
  • Twenty
  • Maaf kalo ada postingan dengan bahasa Inggris kacaubalau. Lagi belajar ^^"