My Thoughts On..

L'endroit j'établis mon esprit -The Place I Lay Down My Mind-




Green Canyon


E-mail this post



Remember me (?)



All personal information that you provide here will be governed by the Privacy Policy of Blogger.com. More...



Berhubung sudah memasuki masa liburan, apalagi yang SP juga udah kelar, gw mo posting tentang suatu obyek wisata. Obyek Wisata tersebut bernama Green Canyon. Bukan Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Green Canyon ini asli ada di Indonesia, tepatnya di daerah dekat Pangandaran, bagian tenggara dari Jawa Barat.

Insipirasi dari nulis ini sih karena beberapa minggu yang lalu baca tentang Green Canyon dari suatu majalah. Berhubung gw udah pernah ke sana, gw jadi pengen review juga. Dan gw belum menemukan review bahasa indonesianya di web. Sooo..

Gw dan keluarga bersembilan ke Pangandaran itu sekitar tahun 2000-an dengan menyewa mobil beserta supir. Itu untuk pertama kalinya saya pergi ke to Pangandaran. Sodara2 gw itu sebelumnya udah pernah ke sana sehingga tau objek2 yang menarik.

Nah, pada hari kesekian, sodara gw itu ngajakin ke Green Canyon. Pertama nyampe tempatnya, gw agak kurang yakin, lagian cuma ada sungai yang berair hijau aja.. dan ga ada yang spesial. Terus kami menyewa sebuah perahu motor untuk mengarungi sungai tersebut. Dan tak lama kemudian, ternyata dugaan gw salah!!! Green Canyon itu bagus banget!!! Air yang hijau tersebut dihiasi lereng2 hijau di kanan dan kiri. Pokoknya serba hijau!!!

Saat perahu lagi berjalan, sodara gw cerita kalo tuh sungai pernah jadi tempat pembuangan untuk dukun2 santet. Inget ngga? Saat tahun 90-an akhir khan pernah heboh isu dukun2 santet. Dan orang yang diduga menjadi dukun santet tersebut diadili penduduk dengan berbagai macam cara. Nah, mayat dari dukun2 tersebut terus dihanyutkan ke sungai tersebut. Duh, kenapa ceritanya di saat yang tidak tepat. Mending kalo udah selesai ngarungin tu sungai baru cerita. Gw sepanjang perjalanan jadi ngeri, takut2 tiba2 ada kepala nongol di sungai.

Sekitar 30 menit perahu itu berjalan, sampai di suatu tempat dimana perjalanan tidak dapat dilanjutkan. Tempat tersebut berupa ummmm, apa ya namanya. Semacam terowongan, tapi juga bukan. Apa ya? Kayak kolong jembatan gt sih, tapi ini jembatan alam.. Yah, u know what I mean, hehe.. Dan di situ ada batu gede gt, sehingga perahu ga bisa lewat. Di atasnya banyak stalaktit2 (kalo ga salah ya, hehe..).. Soalnya, banyak air yang ngalir gitu dari langit2.. Nah, kalo dari tempat itu bisa berlayar, tak jauh lagi ketemu suatu batu, dan setelah itu ke laut lepas. Kalo lagi ujan, dari tempat itu ga boleh lanjut lagi. Tp kalo lagi cerah, kita bisa berenang sampe batu yang satunya lagi dengan dibantu oleh beberapa petugas di situ. Karena katanya di batu selanjutnya, pemandangannnya jauh lebih bagus.

Walau gw penasaran, tapi gw ga mau berenang. Karena saat itu skill berenang gw masih jelek (sekarang jg sih), apalagi gw sama sekali ga bawa baju ganti. Ada beberapa sodara gw yang berenang ataupun memanjat dinding2 batu untuk melihat batu selanjutnya.. Sorry, I couldn’t climb that wall, it’s extremely slippery.. Kalo renang gw saat itu udah jago, bakal berenang deh gw..

Sodara gw pernah cerita, kalo beliau pernah naik perahu dari suatu cagar alam deket situ dengan tujuan Green Canyon. Dan katanya itu merupakan salah satu pengalaman antara hidup dan mati. Gimana engga, dia (berdua dengan pengemudi perahu) naik perahu kecil (perahu nelayan gt) mengarungi ombak gede setinggi 3-4 meter! Mo ke daratan jg ga bisa2 karena terbawa arus terus. Katanya, dia hanya bisa pasrah. Untunglah semua selamat walaupun basah kuyup. Tapi tetep aja, itu bener2 ngga aman dan sama sekali ga ada alat pengaman..

Nah, kalo tentang petualangan gini, pastilah gw bersama keluarga dari Ayah. The adventure loverz.. ^^”

[diketik pada pertengahan Juli '06..]

Lalu beberapa waktu yang lalu, Pangandaran terkena bencana gempa dan tsunami. Pastinya Green Canyon juga terkena efeknya. Kalo tidak salah, berita ttg Green Canyon pasca tsunami juga ada di berita-berita. Tapi maaf, saya tidak mengikutinya. Kalo mo tahu lebih lanjut, cari saja beritanya di situs-situs penyedia berita, hehe.. Mudah2an tidak apa2..

[diketik pada 2 Agustus 2006]

eh, ternyata setelah search pake google.co.id, ketemu lumayan banyak resensinya.. waktu itu pake google.com sih.. hehe, emang pengaruh ya?? here they are: here, here, or here..

Credits for picture (kalo yg saya foto, lupa taro dimana T_T):
Site One and Site Two

[diketik pada 3 Agustus 2006]

Labels:




About me

Categories

Previous posts

Archives

Links


ATOM 0.3

Powered by Blogger

make money online blogger templates



My Thoughts On.. is powered by Blogspot and Gecko & Fly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.