Tuesday, March 29, 2005

DISERTASI

Hari ini ngga masuk kuliah, hoho.. Ada bude (kakaknya nyokap) yang lagi upacara promosi doktor.. Well, ngga penting2 amat sih, cuma gw pengen liat aja. Kapan ada sodara gw lagi yang dapet gelar doktor. karena gw belon kerja, gw manfaatin aja kesempatan bolos, hehe.. Sabodo teuing ah, mo ada quiz kek, apa kek, hoho.. Kalo udah kerja, bakal jauh lebih susah. Kalo ada meeting gimana? Oya, mika.. Sorry ga bisa ikut rapat, soalnya gw udah bilang sama sodara gw kalo gw bisa ikut dateng. tadi nitip absen, tapi sial.. orang yang dititipin HPnya ga dinyalain lg..

But, I still go to the campus today buat ngasihin design kaos buat acara kasongan. Hiks.. Gw berangkat dari rumah jam 6 pagi buat nitipin map ke satpam fasilkom. Abis itu balik lagi deh.. Dan sampe rumah lagi jam setengah 8. Kalo berangkat pagi, penumpang angkotnya beda sama kalo agak siangan. Kalo pagi, penih dengan murid2 sekolah. Dan ternyata jam segitu udaranya masih seger banget, jauh beda dengan beberapa jam kemudian.Anyway, udah lama banget ya gw ngga berangkat sepagi itu, padahal waktu SMA gw berangkatnya jam segituan. Bahkan lebih pagi lagi. Maklum, pd.labu-bukit duri khan ga deket.

Bude gw itu dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) a.k.a dokter kandungan dan konon pernah jadi team dokter ahli kepresidenan Trus tadi sidang terbuka (ujian terbuka) promosi doktornya di ruang pratista FKUI.. Hehe, pasti beliau lega banget, soalnya ini kesempatan terakhir, kalo disertasinya belum selesai, bakalan di-DO karena batas waktunya abis. Supaya selesai tepat waktu, dia udah ga praktek sejak lebaran taun lalu,

Dalam upacara itu, yang disidang disebut dengan nama promo vendus (ngga tau artinya apa, tapi gw jadi inget istilah2 dalam novel Harry Potter, hehe).. Pertama-tama, beliau nyampein ringkasan disertasinya yang berjudul "Penanggulangan kanker serviks yang sahih dan andal dengan model proaktif-vo".. Trus abis itu ditanyain deh sama penguji-pengujinya. Pengujinya ada 8 orang, dan 5 di antaranya adalah Guru Besar. (huhu, serem ngeliatin orang2 dengan kepintaran luar biasa.. )

Banyak di antara mereka yang berkomentar kalo mereka kagum atas disertasi bude gw itu. Bahkan ada yang berkomentar kalo disertasi itu termasuk dalam "mutiara disertasi". Pertanyaannya mah banyakan pertanyaan klasik, yaitu "apakah setelah ini, hasil penelitian tersebut akan diaplikasikan ataukah hanya masuk ke perpustakaan? Lalu tindakan apa yang akan Anda lakukan?" Yah, kayak gitu lah,,

Umumnya, mereka kagum atas penelitian bude gw yang menjurus ke arah sosial dan aplikatif. Dan hampir semua orang -termasuk gw- kagum sama usahanya yang telah mendata kurang lebih ENAM RIBU ORANG responden. Dan berhasil mengumpulkan TIGA RIBU ORANG wanita untuk diperiksa serviksnya. Dan itu sama sekali bukan jumlah yang sedikit. Makanya, tadi bude gw sempet rada nangis karena terharu atas kemudahan yang didapat dari Allah. Bayangin aja, ibu2 -yang notabene dari golongan bawah- itu mau diperiksa daerah kewanitaannya yang paling rahasia dan juga meninggalkan dagangannya!! Duh, salut banget deh gw..

Karena banyak aspek sosialnya, tadi gw ga cengok2 amat ngikutin sidangnya. Beda sama pakde (suaminya bude gw itu) yang dokter Spesialis Patologi Anatomi pas sidang doktornya, banyak banget make istilah2 kedokteran. Well, finally bude gw lulus gelar doktor dengan predikat cum laude. Abis sidang, acara yang paling ditunggu2 tiba: MAKAN SIANG!! hohoho.. Congrats ya bude!!

No comments:

Blog Archive

About me

  • M.Rabindra Surya aka Arya aka Rabz
  • Male
  • CSUI
  • Twenty
  • Maaf kalo ada postingan dengan bahasa Inggris kacaubalau. Lagi belajar ^^"